6 Pemain Utama Barcelona Tak Bisa Merumput, Ansu Fati yang Teranyar

Ansu Fati

Ada-ada saja sial yang didapat Barcelona awal musim ini. Sudah kalah beberapa kali dengan tim papan bawah, kini Los Cules harus menerima kenyataan enam pemain utamanya tak bisa bermain karena cedera. Terbaru saat liveskor terbaru kontra Inter Milan 2-1 pada fase grup Liga Champions, penyerang muda Ansu Fati harus pasrah di meja perawatan karena lututnya cedera.

Valverde Kewalahan Cari Sosok Pengganti

Pelatih Barca Ernesto Valverde menyebutkan, pemain yang pertama cedera adalah Jordi Alba dan Samuel Umtiti yang mengalami masalah pada engkel dan betisnya sehingga dalam beberapa minggu ke depan masih harus menepi. Kondisi ini membuat Valverde harus mencari pengganti dua sosok bek yang selama ini mampu menjadi tameng anti gol dari tim lawan.

Sementara di lini depan, Ousmane Dembele dan Lionel Messi masih harus banyak istirahat, karena keduanya mengalami masalah otot paha. Sehingga sang arsitek lapangan Valverde ogah ambil resiko jika harus memainkan keduanya dalam waktu dekat dan untuk durasi yang lama. Alhasil pada jadwal bola  Barcelona kontra Getafe minggu lalu keduanya hanya duduk di bangku cadangan.

Beruntung kemenangan 2-1 bisa diraih, walaupun lini depan diisi oleh trio dadakan Suarez, Griezmann dan Carles Perez. Sedangkan saat menjamu Inter Milan, giliran Ansu Fati yang mengalami cedera kaki dan harus menepi sementara. Lagi-lagi Valverde harus merumuskan strategi cadangan, sebab kemungkinan Messi tak bisa bermain full time. Beruntung, kemenangan juga masih berpihak pada Barca.

Suarez Bawa Angin Segar

Tamparan keras soal kondisi pemain yang masih tak kunjung membaik, sedikit terobati dengan performa ciamik Luis Suarez pada jadwal bola Barca kontra Inter Milan. Dua golnya mampu membuat Barca memenangkan pertandingan. Suarez memperlihatkan bahwa Barcelona baik-baik saja walaupun sedang dilanda badai cedera.

Suarez menyebutkan bahwa cedera pemain adalah hal yang wajar. Tapi bukan berarti performa harus turun. Dia juga menambahkan bahwa Barcelona memiliki banyak pemain handal yang pastinya bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan enam rekannya yang harus naik ke atas meja perawatan selama beberapa pekan.

Kontra Sevilla Mampukah Barca Kembali Full Team?

Jelang laga kontra Sevilla yang akan digelar 7 Oktober mendatang. Banyak pihak yang meragukan apakah Valverde mampu menurunkan seluruh pemain skuad utama atau masih harus pincang karena beberapa pemainnya yang cedera. Tapi melihat performa Lionel Messi saat bersua Inter Milan, sepertinya La Pulga sudah bisa turun bersama Suarez dan Griezmann di lini depan.

Sementara untuk sejumlah pemain lain yang juga masih cedera, Valverde sudah siap dengan beberapa rencana cadangan agar liveskor terbaru saat bertemu Sevilla adalah kemenangan bagi Barcelona.

Sebenarnya cedera pemain dalam dunia olahraga adalah hal yang wajar. Masalah akan timbul ketika banyak pemain hebat yang harus menepi di waktu bersamaan seperti yang dialami Barcelona saat ini. Apalagi tim tersebut sedang bersusah payah mendongkrak performa agar tak terjun bebas dari pemuncak Laliga dan tim favorit Liga Champions.